Sebuah Review : Susah Sinyal. Film Pembuka di Tahun 2018

SELAMAT TAHUN BARU 2018


Akhirnya kembali lagi ke Blog. Setelah sekian lama bolak balik blog, weebly, wordpress dan Tumblr. Akhirnya gua kembali ke blog. Hmmm agak menyebalkan mungkin si. Lebih sering pindah-pindah tempat nulis daripada tulisannya sendiri. Tapi gapapa lah.

Oke, tulisan di tahun yang baru ini gua mulai dengan review film yang baru aja gua tonton ya. Susah Sinyal The Movie. Karya terbaik Ernest Prakasa sejauh ini yang gua tonton. Awalnya si ga terlalu berharap banyak sama film ini, selain publikasi awalnya yang ga terlalu gede (mungkin ya) dan juga film genre komedi seakan monoton akhir-akhir ini di Indonesia. Terlebih CTS tahun kemarin menurut gua udah puncak pencapaian Ernest dengan dia dapet beberapa penghargaan di FFI. Tapi eh tapi setelah nonton semua praduga-praduga itu ilang.

Film ini terasa lebih lengkap banget spesial pake telor dan dikaretin dua dah. Kalau di CTS drama keluarga nya utuh banget dibandingkan komedinya. Tapi di Susah Sinyal ini drama dan komedinya juga gak kalah utuh dan saling ngelengkapin satu sama lain si. Beberapa jokes di CTS banyak yang ga kena, tapi di Susah Sinyal hampir semua kena, seperti secuil kebodohan-kebodohan dari ucapan Rispo yang sebenernya ga berperan banyak tapi setiap scene dia rasanya jadi pelepas buat ketawa banget. Begitu juga rentetan jokes lain yang dikeluarin ga cuma sama cast-cast dari komika.

Di Film ini yang aktingnya keren banget itu Aurora, dapet banget juteknya, dan ngebawa perasaan penonton ke dunia nya yang kesepian ditingal orang tua terus dan itu terasa nyata karena mayoritas kehidupan anak dan orang tua sekarang, ya sebegitu mirisnya. Film ini banyak banget pesan moralnya, entah antar anak dan orang tua juga antar anak sebagai seorang manusia sosial dan orang tua juga sebagai manusia sosial.

Komunikasi digital mungkin sekarang udah nyata banget di depan kita dan seakan jadi kebutuhan yang bisa lengkapin hidup, tapi kita ga sadar bahwa kehidupan komunikasi secara nyata tatap muka langsung adalah yang lebih dibutuhin hari ini, untuk mengerti satu sama lain. Jadi ga cuma soal tabayyun, tapi ya lo harus sharing dan nyebur langsung. Susah Sinyal sukses buat ngebentuk mindset itu. So far film ini keren banget sebagai film pembuka yang gua tonton di 2018 dan memang bener komedi yang serius itu justru lebih dari sekedar membuat tawa aja si.

Selamat koh Ernest. Susah Sinyal sukses menyambung karir Film kamu yang semakin meninggalkan jauh sahabat-sahabatmu yang lain hehe. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Depok Kota Tanpa Jatidiri (?)

Sebuah Review : Orang Kaya Baru, Sebuah Realita dalam Film